CHEMSKETCH

Cara Menggambar Rumus Struktur dengan ChemSketch

Berikut ini sedikit tutorial untuk bisa menggambar rumus struktur beberapa senyawa hidrokarbon dengan menggunakanChemSketch, dan menyalinnya ke dalam berkas microsoft word.

Cara menggambar rumus struktur senyawa hidrokarbon dengan menggunakan ChemSketch adalah sebagai berikut:

  1. Buka ChemSketch dari Star-Program-ACDLabs12-Chemsketch. Pada keadaan standar (default) ChemSketch dalam mode Structure.
  2. Agar semua atom C muncul nantinya silahkan atur propertiesnya dari Tools-Stucutures Properties. Caranya Centang All pada Show Carbons pada tab Common.
  3. Pastikan anda ada pada mode Stukture dan bukan pada mode Draw.
  4. Klik Atom C pada menu yg ada disamping kiri layar kerja chemsketch.
  5. Drag kemudian klik sekali untuk membuat satu C (metana) dan drag lagi dengan menyambung C pertama itu dan klik untuk menambah satu atom C untuk menjadi etana. Begitu seterusnya, untuk membuat percabangan tinggal klik pada C utama yang akan dijadikan tempat percabangan kemudian di drag dan klik.
  6. Pastikan rumus struktur yg digambar pada langkah sebelumnya terpilih, jika belum klik toolbar yang persis di bawah tulisan mode draw. Kemudian lakukan penseleksian struktur untuk tujuan menampilkan secara stukutur terkembang dengan atom H dan C nampak. Caranya klik Tools-Add explicit hydrogens. Jika berhasil maka tampilannya menjadi seperti dibawah ini.
  7. Untuk menyalinnya agar bisa dikopikan ke dalam microsoft word, pindahkan dari mode Structure ke mode Draw
  8. Salin (copy) rumus struktur yang sudah jadi kemudian letakkan (rekatkan/paste) dalam microsoft word.
  9. Selesai.

Belum memiliki software ChemSketch silahkan mengunduhnya. Lakukan registrasi terlebih dahulu di sini.

Semoga dapat membantu.